Step by Step Belajar SEO untuk Pemula

Semrush
Cara Riset Keyword Blog Dengan Semrush & Ahrefs
March 10, 2020
Cara Riset Keyword
3 Tips Cara Riset Keywords Dengan Ahrefs
June 16, 2020

Step by Step Belajar SEO untuk Pemula

Belajar SEO

Belajar SEO

SEO merupakan suatu Teknik untuk mengoptimasi suatu website beserta keywordnya. Hal yang paling mendasar pada SEO terletak pada on page SEO (optimasi website dari dalam), disusul dengan off page SEO (optimasi website dari luar). Kedua hal ini memiliki peran penting untuk mengoptimasi suatu situs. Lebih dari itu, SEO sejatinya bukan hanya ON page & Off page tapi juga di dalamnya terdapat strategi, mapping, dan Analisa baik pada website milik sendiri dan juga competitor.

Seandainya saja SEO berhenti pada Off page, maka saat ini anda bisa dengan mudah membayar jasa SEO yang menyediakan paket backlink murah, yang harganya cukup bervariasi. Sayangnya, SEO saat ini bukan hanya tentang dua hal tersebut, tapi anda juga harus berfokus pada user experience seperti bagaimana caranya menghadirkan konten segar yang membuat orang betah menyambangi situs anda, membuat persentase drop off semakin kecil hingga hal-hal kecil lainnya.

Sangking banyaknya hal yang harus dipelajari dalam SEO, tentu hal tersebut membuat anda yang baru hadir sebagai pemula bingung dan bimbang. Bingung harus mulai dari mana dan bimbang karena tidak yakin apakah hal yang sedang dipelajari merupakan jalan yang benar atau tidak. Oleh karena itu, Ngobroldigital kali ini akan merangkum beberapa hal yang bisa menjadi pijakan dan cara cepat belajar SEO untuk pemula. Berikut ini rangkumanya.

  1. ON Page SEO
  • Meta Title

Hal yang paling mendasar dalam ON Page adalah ketidak sesuaian meta title dan description. Untuk mengecek title & description anda bisa membuka website anda pada google chrome, kemudian klik kanan dan klik “view page source”. Setelah itu CTRL + FIND dan masukkan “title” maka anda akan menemukan title web tersebut. Masukkan “description” untuk mencari deskripsi website tersebut.

Meta title idealnya terdiri 60-70 word, berisi keyword utama dan bisa juga menyelipkan brand website anda pada akhir title, ingat ya di akhir bukan di awal. Kenapa? Akan kita bahas lebih jelasnya di pembahasan berikutnya. Dengan meta title yang padat, search engine akan lebih mudah mengenali website kita dengan keyword yang ingin kita tuju.

Meta title pada dasarnya dibuat sesuai dengan fokus keyword yang anda target, katakanlah website anda bergerak dalam bidang finance dan keyword utamanya adalah “pinjaman uang online” maka title yang bisa digunakan pada website tersebut adalah “pinjaman uang online terpercaya”

  • Meta Description

Meta description memiliki peran penting kedua setelah meta title, fungsinya untuk menggambarkan deskripsi website anda pada snippet mesin pencari. Isilah meta description sesuai dengan keyword yang anda targetkan, sama halnya seperti title, anda juga bisa memasukkan beberapa keyword yang dipadatkan di dalam meta description.

  • Robot.txt

Robot.txt merupakan sebuah kode berbentuk text yang berfungsi sebagai bot pada search engine. Tujuannya yakni untuk menjalin interaksi antara website dan bot search engine. Hasil dari interaksi tersebut adalah untuk membatasi kegiatan bot, mengontrol kegiatan bot hingga memblokir beberapa laman yang anda Kelola, contohnya seperti laman admin yang sangat sacral dan tidak boleh terindex di google.

  • Sitemap.xml

Sitemap secara terminologis meruapakan upaya pemilik website agar semua laman website yang ia miliki dapat diakses oleh Google, mulai dari laman post, category, page, dll. Sitemap memiliki peran yang sangat penting untuk membuat website anda terindex dengan baik di search engine. Untuk membuat sitemap tidaklah sulit, jika anda pengguna wordpress maka anda hanya perlu menginstal plugin dari Yoast, dari situ sitemap akan di set up secara otomatis.

  • Keyword Research

Keyword research sebenarnya bisa dibilang masuk ke dalam Off page dan juga On Page. Keyword research merupakan kunci utama masa depan suatu website, semakin baik risetnya maka semakin berpotensi untuk mendulang traffic. Untuk pembahasan lebih jauh mengenai cara riset keyword, anda bisa temukan di sini. Salah satu referensi tool untuk keyword research adalah : Ahrefs, Semrush dan Google keyword planner.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu diketahui untuk para pemula yang ingin belajar SEO dengan cepat. Hal-hal tersebut merupakan hal dasar yang harus diprioritaskan sebelum memulai fase Off Page SEO.

2. Off Page SEO

Cakupan off page SEO sebenarnya lebih mengerucut dibanding dengan On page. Off page cenderung berorientasi pada skema backlink, di mana ada beberapa jenis backlink baik yang sifatnya gratis maupun berbayar yang dapat anda coba. Beberapa diantara jenis backlink tersebut adalah :

  • Blog commenting
  • Social bookmarking
  • Social media shares
  • Paid blog placement
  • Advertorial, dll

Itulah dia beberapa Teknik dasar cara meningkatkan seo website anda untuk tahap pemula. Langkah-langkah tersebut dapat anda terapkan sebagai referensi dalam belajar SEO untuk pemula. Saya anjurkan untuk fokus pada area On Page SEO ketimbang Off Page. Sebab, jika On Page SEO score anda sudah baik maka Off Page hanyalah sebagai bonus

Leave a Reply