Semrush
Cara Riset Keyword Blog Dengan Semrush & Ahrefs
March 10, 2020

Cara Riset Keyword Untuk Pemula

Cara Riset Keyword

Cara Riset Keyword

Search Volume Pada Keyword

Keyword research atau penentuan sebuah keyword merupakan fase awal yang memiliki peran penting dalam menentukan masa depan traffic suatu website. Semakin besar jumlah pencariannya maka semakin besar juga peluang untuk mendulang traffic & conversion. Meski demikian, jumlah pencarian (search volume) dalam fase riset bukanlah segalanya, ada beberapa faktor lain yang juga harus turut dilibatkan seperti click ratio, trends, return ratedan masih banyak lainnya. 

Meski secara teori semakin banyak jumlah pencarian keyword maka semakin besar juga traffic yang akan dihasilkan, namun faktanya ada juga beberapa keyword dengan search volume namun dengan click ratio yang rendah. Artinya, keyword semacam ini memiliki dua kemungkinan. Pertama, informasi yang dihadirkan pada top ten search engine dirasa sudah cukup dan informatif sehingga user tidak perlu lagi mengklik tautan pada urutan selanjutnya. Dengan demikian, untuk mendapatkan traffic pada keyword jenis ini maka anda setidaknya harus bisa nangkring di urutan 1-3.

Kedua, besar kemungkinan user hanya ingin mencari definisi dari suatu Bahasa, terlebih saat ini google menyediakan snippet untuk meperlihatkan beberapa definisi dari suatu terminologis. Contohnya, ketika anda mencari keyword “asuransi” jika diperhatikan (lihat gambar) jumlah pencarian keyword ini 15.000 namun click rationya berdasarkan ahrefs hanya 33%. Hasil penelusuran yang ditampilkan pun lebih banyak mengarah kepada alamat dari perusahaan asuransi.


Menentukan Search Volume yang Tepat

Untuk mendapatkan traffic dan conversion yang akurat, baiknya kita meriset keyword dengan jumlah pencarian yang banyak disertai click ratio yang baik. Apalagi jika dibarengi dengan return rate yang juga cukup tinggi. Jika anda menggunakan Ahrefs maka anda bisa mengikuti panduan berikut ini.

  • Set up KD (keyword difficulties) max 10 untuk memperbesar peluang anda menembus top ten search engine
  • Set up word count (suku kata) menjadi dua agar keyword yang muncul minimal dengan dua suku kata
  • Set up CPS (click ratio) menjadi 0.9 agar potensi click dari setiap keyword menjadi cukup besar

Dengan melakukan beberapa filter tersebut setidaknya anda sudah bisa mendapatkan pilihan-pilihan keyword dengan jumlah pencarian besar, potensi click yang tinggi sehingga akurasi untuk mendapatkan traffic & conversion juga tinggi.

Tool Riset Keyword Terbaik

di pasaran ada beberapa tool riset keyword terbaik dengan varian harga yang kompetitif, berikut ini kami rangkum beberapa tool untuk riset keyword yang dapat anda coba untuk mendapatkan hasil yang terbaik

  • Google Keyword Planner (free)
  • Ahrefs ($99) per month
  • Semrush ($99) per month
  • Keyword Everywhere (free)
  • Ubber Suggest (free)
  • Spyfu ($33) per month

Nah, itu dia beberapa alat untuk riset keyword yang dapat kamu coba, mulai dari yang free hingga berbayar. ada baiknya kamu memadukan antara satu alat dengan alat yang lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.

Dengan menggunakan satu dari salah satu tool di atas, maka metode cara riset keyword anda akan menjadi lebih mudah dan praktis. tools tersebut hanya merupakan alat pembantu untuk menghadirkan keyword yang potensial, pada akhirnya penentuan keyword tersebut bergantung pada anda juga, seberapa jeli anda dalam memilih keyword dan seberapa besar jam terbang anda dalam keyword research.

di SEO, keyword research memiliki alamnya sendiri, sama halnnya seperti technical SEO lainnya seperti On Page SEO & Off Page SEO. Cara riset keyword merupakan pijakan awal dalam SEO sebelum anda beralih ke fase link building.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *